Day 7 Let's Hike!!!!!!

Trip Start Oct 11, 2011
Trip End Oct 20, 2011

What I did
BaDaLing Great Wall, Temple of Heaven

Flag of China  ,
Monday, October 17, 2011

Day 7
        Hari ini diawali dengan breakfast bakpao isi daging yang harganya sangat murah, 4 buah cuman 2RMB saja!!!!! lalu beli beberapa lagi untuk bekal piknik nanti, mau piknik dimana emang ya????? piknik kali ini bukan sembarang piknik, saya akan piknik di tempat yang sangat panjang dan juga besar, konon bisa dilihat dari luar angkasa, yah mana lagi kalau bukan di Great Wall!!!!! Benteng pertahanan yang dibuat oleh kaisar-kaisar  china terdahulu untuk menangkal serangan dari pasukan mongol.
        Untuk menuju ke Greatwall(GW) saya tetap menggunakan public transportation, jadi pertama naik subway dulu ke jishuitan station lalu keluar berjalan kaki sekitar 15 menit menuju ke Deshengmen arrow tower, dari sini banyak bus khusus ke Badaling GW. Dari awal saya sudah merancang untuk pergi pada hari biasa untuk menghindari padatnya orang menuju GW, tapi ternyata setelah sampai di bus station deshengmen, antrian sudah mengular panjang, benar- benar panjang, kita harus mengantri untuk masuk ke bus, untungnya ada petugas yang mengatur para penumpang sehingga penumpang bus pasti akan mendapatkan tempat duduk, setelah mengantri sekitar 30menit(ini pun kita tidak sengaja menyerobot antrian... harap diperhatikan bahwa TIDAK SENGAJA menyerobot), setelah naik ke bus, dan bus mulai berjalan naik melewati jembatan saya melihat kebawah, ternyata antrian yang sebenarnya saangggaaatttttt panjang, mungkin kalau benar2 mengantri bisa 2jam baru bisa naik bus, i'm not exaggerating here, untung saja TIDAK SENGAJA tadi heheheheh. (tips untuk ke GW kalau ngga mau naik bus bisa ikut 1daytour dari hotel/hostel saja, kalau mau naik public transport pastikan punya YiKaTong kartu transport isi ulang soalnya bisa lebih murah, kalo bayar cash sekitar 15RMB kalo pake Yikatong cuman  sekitar 5RMB). Perjalanan bus menempuh waktu +-1,5jam, didalam bus ada orang yang menerangkan GW tapi tentu saja dengan bahasa Mandarin yang super cepat. GW itu sebenarnya ada banyak Badaling adalah yang terdekat dari Beijing.
        Bus pun sampai di tujuan, ternyata kita tidak langsung sampai di tempat, melainkan harus berjalan menanjak lagi, dari tempat parkir bus ada beberapa kios makanan dan juga loket penjualan tiket gondola(80RMB PP) untuk yang tidak kuat berjalan naik ke atas. Setelah berjalan menanjak akhirnya sampai juga di loket penjualan tiket masuk ke GW(45RMB), setelah berfoto2 ria dengan latar belakang longest&biggest wall in the world, saya mulai menaiki GW belok ke kanan mengarah ke north tower, titik tertinggi dari badaling GW. kata pepatah china "jika belum sampai ke puncak, belum menjadi orang yang hebat" tapi dengan jalan kaki  tentunya bukan naik gondola hahahah. Perjalanan naik ke atas disertai dengan pemandangan pepohonan yang memerah daunnya karena sudah masuk musim gugur, suatu pemandangan yang sangat berbeda, juga gunung2 disekitar GW sangat menakjubkan. perjalanan keatas bagaikan merambat bukan mendaki karena selain medan yang naik turun juga tangga batu yang kadang kecil dan sempit jadi harus sedikit berhati hati, membayangkan dahulu para pekerja dan tentara yang membangun dan melewati tembok, ini sangat hebat mereka. setelah naik sampai beberapa pos penjagaan saya mulai membuka bekal piknik yang dibeli tadi, kombinasi capek+lapar+pemandangan+bakpao yang enak, maka itu menjadi saat piknik yang sangat menyenangkan hahahah. Sambil istirahat dan melihat masih berapa pos lagi untuk sampai di puncak tertinggi GW yang terjal , akhirnya kami memutuskan untuk turun saja, karena medan dianggap terlalu berat bagi orang tua saya ^_^ dibawah kami pun makan siang terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke lokasi berikutnya.
        Kembali menaiki bus menuju Beijing, saya pun tertidur kelelahan dan tiba tiba sudah sampai di depan stasiun subway jishuitan, bus memang menurunkan penumpang di situ, i lost my yikatong card here, mungkin saat tidur terjatuh >.<" . sekitar jam 3 sore kami melanjutkan ke temple of heaven, naik subway  dari jishuitan station, ganti line di yonghegong stasion lalu menuju tiantandongmen stasion, keluar dari subway sudah dekat dengan pintu masuk timur temple of heaven. Sampai di temple of heaven(TianTan TT) sudah jam setengah 4 sore, sebenarnya sudah terlalu sore untuk ke TT, tapi karena memang waktu sudah tidak memungkinkan kami pun tetap mengunjungi TT, beli tiket kombinasi untuk masuk ke semua tempat di TT (35RMB)
        TT ini adalah tempat dimana kaisar memanjatkan doa tahunan kepada langit. TT berbentuk setengah linkarang di bagian utara yang berarti langit, dan kotak di selatan yang berarti bumi. Ini adalah salah satu bangunan yang sangat penting, dimana tempat kaisar sebagai titiasan anak langit berdoa kepada langit untuk memberikan kehidupan yang makmur bagi manusia. Bangunan disini penuh dengan filosofi china tentang langit dan manusia, dibuat segaris lurus dengan forbiden city. Bagian yang paling penting di TT adalah Hall of prayer for good harvest di utara, bangunan kayu berbentuk melingkar dengan ornamen dan hitungan yang sarat makna, ini adalah bangunan yang paling saya kagumi di TT ini dikelilingi dengan altar dari marmer. lalu ada "imperial vault of heaven" yang berisi prasasti, dari " hall good harevst" ke "imperial vault" di hubungkan dengan "imperial walk way bride" yang pada bagian selatannya lebih rendah dari bagian utara, ini bermakna jalan menuju langit, lebih ke selatan dari "imperial vault" ada "circular mound altar" altar berbentuk melingkar bertumpuk 3 terbuat dari batu marmer, lapisan paling bawah berarti neraka, lapisan tengah dunia manusia, lapisan paling atas langit. Keunikan dari tempat ini adalah, marmer yang disusun berkelipatan 9, lapisan langit disusun 3 lingkaran, lingkaran pertama ada 9 batu, lingkaran ke-2 18 batu, lingkaran ke-3 27 batu, dan seterusnya sampai lapisan ke 3 / lapisan neraka, batu yang tersusun selalu berkelipatan 9, kalau tidak percaya silahkan dihitung sendiri hahaha. Temple of Heaven adalah tempat yang penuh filosofi, jadi kalau yang ingin mengetahui detilnya silahakan memakai tour guide atau juga membaca sejarahnya dulu. Selain ke 3 tempat tersebut masih banyak tempat lain yang bisa dilihat di TT ini, ada pohon tua, ada bangunan2 seperti dapur, dll jadi sediakan waktu khusus untuk mengunjungi tempat ini. Karena hari sudah gelap dan perut sudah meraung minta diisi, maka kami pun keluar dari TT dan mencari makan.
        Kali ini kami makan mongolian hotpot atau disebut huoguo di xiao fei yang huoguo (katanya di jakarta juga sudah buka) disini kuah dibagi menjadi 2 bagian, ada yang kuah kaldu ayam dan juga kuah pedas dengan MaLa sejenis cabai yang bikin lidah mati rasa (numb), daging bisa dipilih dari ayam,kambing,sapi,maupun babi, serta berbagai sayuran dan jamur. sungguh makan malam yang luar biasa enak, dingin-dingin makan yang pedas yummyy!!!