Demografy Explanation of Gorontalo

Trip Start Jan 17, 2003
1
Trip End Oct 2006


Loading Map
Map your own trip!
Show trip route
Hide lines
shadow

Flag of Indonesia  ,
Wednesday, April 30, 2008

Keberadaan Gorontalo dengan  letak / posisi  geografis yang  cukup strategis memiliki berbagai peluang investasi  yang dapat dikembangkan, terlebih dengan adanya pembentukan Propinsi Gorontalo dimana Kota Gorontalo ditetapkan sebagai Ibukota Propinsi.  
Peluang investasi yang dapat dikembangkan seperti terurai dibawah ini :
  1. Industri
        a.   Industri Pengawetan Rotan
Tingkat Produksi Industri pengawetan rotan untuk setiap unit usaha rata-rata mencapai 1800  ton per tahun. Industri pengawetan rotan di daerah ini memiliki daya saing yang kuat  dalam memasuki pasar global.
Faktor yang menjadi kekuatan adalah ketersediaan bahan baku serta tenaga kerja yang relatif murah.
 
  
        b.  Industri Perabot ( Meubel Rotan )
Industri meubel rotan di Kota Gorontalo dewasa ini telah mengalami kemajuan yang cukup berarti. jumlah unit usaha yang ada saat ini sebanyak 285 unit.
 
 
 
 
 
       c.  Industri Pembekuan dan Pengalengan Ikan.
Realisasi total produksi perikanan pada tahun 2003 sebesar 2.640 ton. Komoditi perikanan merupakan komoditi yang memerlukan penanganan khusus, karena sifatnya yang mudah sekali rusak. Disisi lain permintaan akan produk ini semakin tinggi. Oleh sebab itu industri pembekuan dan pengalengan ikan memiliki prospek yang cukup baik di tahun-tahun mendatang.Tercatat potensi tangkapan hingga saat ini baru termanfaatkan sekitar 10,18 %. Produksi perikanan Kota Gorontalo saat ini sebagian besar untuk memenuhi permintaan Luar Negeri  terutama dari Jepang dan Hongkong disamping untuk konsumsi lokal, regional maupun nasional.
 
2. Pariwisata
Pengembangan Objek Wisata
Gorontalo memiliki berbagai obyek wisata alam/bahari, maupun wisata budaya yang sangat menarik untuk di kunjungi. Panorama pasir putih yang indah terletak di Kecamatan Kota Selatan, wisata budaya diantaranya adalah Benteng Otanaha yang memiliki nilai sejarah perjuangan bagi masyarakat Gorontalo terletak diatas perbukitan Kelurahan Dembe II yang berhadapan langsung dengan panorama alam Danau Limboto.
 
Gorontalo juga terkenal dengan kerajinan khasnya krawang yang merupakan warisan leluhur yang sudah berkembang berupa kain - kain untuk busana, topi,tas maupun produk - produk kerajinan lainnya dari rotan.
Pengembangan cendra mata khas Gorontalo seperti pembuatan souvenir-souvenir krawang maupun rotan merupakan peluang yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan mengingat tingginya permintaan konsumen akan produk- produk tersebut.
 
  3.  Pelayanan Jasa
      a. Jasa Pendidikan
Letak Gorontalo yang menempati posisi silang regional menjadikan daerah ini berinteraksi langsung dengan kegiatan sosial ekonomi Kawasan Teluk Tomini dan Kawasan Barat Propinsi Sulawesi Utara.
Dengan demikian Gorontalo diharapkan sebagai pusat pertumbuhan dan pengembangan pelayanan jasa bagi daerah-daerah di Kawasan Teluk Tomini dan Kawasan Barat Propinsi Sulawesi Utara.
Didorong oleh keberadaan Gorontalo sebagai pusat pelayanan jasa yang antara lain adalah sebagai pusat pendidikan maka fungsi lembaga-lembaga pendidikan dalam memotivasi perkembangan kota semakin dituntut. Sarana / prasarana pendidikan sudah cukup memadai mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi.
Salah satu bidang ilmu yang saat ini sangat dibutuhkan adalah ilmu tentang kelautan. Hal ini didasari oleh posisi Gorontalo yang langsung berada di sepanjang kawasan Teluk Tomini dimana potensi fisik dan keanekaragaman hayatinya memerlukan pengelolaan yang optimal agar dapat memberikan sumbangan yang besar bagi pembangunan kota dimasa yang akan datang. Dengan demikian sudah saatnya di daerah ini berdiri Sekolah Kejuruan ataupun Perguruan Tinggi dengan Jurusan khusus ilmu Kelautan. 
 
            b. Jasa Angkutan
Aktivitas masyarakat Gorontalo mengalami peningkatan yang cukup pesat di segala aspek kehidupan sebagai dampak terbentuknya Propinsi Gorontalo.  Jasa pelayanan angkutan yang representatif  untuk memenuhi kebutuhan masyarakat belum memadai. Oleh karena itu  untuk penyediaan jasa angkutan seperti taksi dibutuhkan kerjasama dengan pihak investor  yang ingin mengembangkan usahanya.
 
        c. Jasa Perhotelan dan Biro Perjalanan
Saat ini terdapat 26 buah hotel  dengan klasifikasi melati untuk menunjang kepariwisataan di daerah ini.Keberadaan jasa biro perjalanan dengan berbagai fasilitas seperti armada transportasi dan jasa pemandu wisata menjadi sangat penting dalam rangka memperkenalkan objek-objek wisata yang ada serta untuk menunjang dunia kepariwisataan di daerah Gorontalo pada umumnya. Demikian pula keberadaan jasa perhotelan dan restoran akan memiliki prospek yang cukup cerah dimasa-masa yang akan datang karena terbukanya akses keluar masuk daerah ini  baik melalui bandara maupun pelabuhan serta transportasi darat yang memadai.
 
4. Peluang Pengembangan Kawasan Perdagangan
Kawasan perdagangan memiliki peluang investasi yang besar untuk dikembangkan, mengingat makin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pasar yang representatif dimasa-masa yang akan datang seperti pengembangan pusat perbelanjaan / mall, yang sangat didambakan masyarakat di daerah ini.
Demikian informasi  yang dapat disampaikan semoga dapat menjadi acuan bagi penanaman modal di Kota Gorontalo. Sehingga dengan demikian upaya peningkatan pembangunan secara bertahap dapat dilaksanakan untuk kesejahteraan masyarakat.
5. Kaki Lima
Kota Gorontalo yang pada sekarang ini memiliki peran sebagai Ibukota Propinsi dengan pertumbuhan ekonomi yang relatif cepat, merupakan kawasan "favorit baru" bagi para pedagang Kaki Lima lokal dan "jaringan Kaki Lima Nasional". Hal ini sudah terlihat dengan makin banyaknya penyebaran Kaki Lima di Kota Gorontalo.
 
 
Sarana dan Prasarana Pendukung
Kondisi sarana dan prasarana pendukung kegiatan investasi guna mempercepat perumbuhan ekonomi relatif baik. Sarana transportasi darat (Trans Sulawesi, transportasi laut/ pelabuhan laut yang memiliki daya dukung 2.500 DWT, pelabuhan enyeberangan (Ferry), tersedia pula Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) dan pelabuhan Pertamina. Sedangkan untuk transportasi udara dapat menggunakan pelabuhan udara Jalaludin Gorontalo
Report as Spam
Where I stayed
Hotel Lahilote
Add Comment

Use this image in your site

Copy and paste this html: