Indonesia

Trip Start Apr 19, 2005
1
Trip End Apr 19, 2005


Loading Map
Map your own trip!
Map Options
Show trip route
Hide lines
shadow

Flag of Indonesia  ,
Saturday, April 18, 2009

RESEP EMPAL PEDAS MANIS
KHAS SOTO SEMARANG "DAGO n' COFFEE KI DAUS


Bahan :
01. Daging : 1/5 kg.
02. Minyak goreng : 1/2 gelas
03. Kemiri : 2 butir
04. Ketumbar : 1 sendok teh
05. Bawang merah : 4 butir
06. Bawang putih 2 siung : 2 siung
07. Cabe merah besar : 2 biji
08. Daun salam : 1 lembar
09. Lengkuas : 1 ruas jari
10. Air asam : 1 sendok makan
11. Garam : secukupnya

Cara memasak :
01. Daging dicuci bersih dan diiris melebar.
02. Haluskan bumbu-bumbu dan campurkan dengan daging.
03. Rebuslah dengan setengah gelas air.
      Tambahkan air sehingga daging menjadi lunak.
04. Panaskan minyakdalam wajan (api tidak terlalu besar), lalu  
      gorenglah daging hingga berwarna kecokiatan.
      Empal pedas siap dihidangkan.
Sajikan dalam potongan kecil 2 x 2cm




Wayang Konsep Psikologis Manusia Hidup

Dalam cerita lakon pewayangan di tanah Jawa terutama Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.lakon wayang banyak dicermati masyarakat mulai usia remaja sampai usai tua. Bahkan ada Dalang Cilik juga yang meramaikan dunia pewayangan. Pagelaran Lakon wayang saat ini sangat tertekan oleh industri berteknologi tinggi. Wayang sendiri merupakan kisah buatan manusia yang pada dasarnya menceritakan semua sisi psikologis kehidupan manusia di dunia. Mulai dari tuntunan tingkah laku, watak halus dan keras, perdebatan dalam satu keluarga, proses pembelajaran seorang murid oleh gurunya / resi dll.


Lihat gbr gunungan


Wayang merupakan kerinduan tersendiri pada era teknologi modern. Dulu waktu saya masih sekolah di semarang setiap tanggal 17 dalam setiap bulannya, di halaman kantor Propinsi Jawa Tengah di gelar Lakon wayang yang ditunggu penggemarnya. Masih ingat ketika menonton pagelaran kita masyarakat kecil duduk lesehan dekat para Pejabat dan Nayogo (pemain Gamelan) dengan sesekali melihat wajah para pejabat dan istri (kadang hadir) begitu menciptakan suasana yang andap asor. Mungkin sulit sekarang ditemukan anak - anak yang membungkukkan badan dengan tangan kanan menjuntai ke bawah (sikap mau lewat:Jawa). Sopan santun yang betul menghargai sepuhnya, jabatannya, ilmunya para priyayi / pejabat yang duduk di barisan depan.


Lihat gambar wayang


Dalam setiap pagelaran lakon yang dimaiinkan selalu ganti. Ki Dalang yang di undang juga selalu ganti asyiknya bial para tamu kehormatan rela membagi makanan ringan kepada para penonton lain. Disini kita lihat keakraban, ngayomi, dari para pejabat tersebut. Pemerintah melalui elemen apapun perlu lah dirasakan menumbuhkan budaya perilaku santun untuk masyarakat Indonesia.


Wah kalau kita tidak berbudaya trus bagaiman nanti kalau adat budaya kita di caplok negara lain. Nanti negara tetangga mencaplok adat budaya sungkeman Kraton Jogya trus apakah kita harus mengganti versi sungkeman karena sama dengan negara tetangga.


Waktu ada lagu daearah diklaim sebagai lagu negara tetangga harusnya "Pak JK mengkonfirmasi melalui Kementriannya untuk mencabut hak paten tersebut" kita piker bisa karena lagu itu memeng lagu adat kita. Baca dilanjutannya .........


SALE REBAB from INDONESIA
TRADITIONALITY HANDY CRAF MUSIK JAVA - INDONESIA


$US 30,-
suling Java



$US 80,-
rebab Java




$US 350,-
gambang - Java
Report as Spam
Add Comment

Use this image in your site

Copy and paste this html:

Table of Contents